Senam Bersama KJS dan Lansia Kecamatan Donomulyo: Awal Mula Partisipasi Aktif Desa Tulungrejo Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Sehat Berkelanjutan

  • Jul 15, 2024
  • Nisriinaa Alyaa
  • KESEHATAN

MALANG, FBD Jantra 53 – Pada hari Sabtu tanggal 13 Juli 2024, senam gabungan pertama yang diikuti oleh seluruh desa di Kecamatan Donomulyo, antara lain: (i) Desa Tulungrejo, (ii) Desa Banjarejo, (iii) Desa Donomulyo, (iv) Desa Kedungsalam, (v) Desa Mentaraman, (vi) Desa Purwodadi, (vii) Desa Purworejo, (viii) Desa Sumberoto, (ix) Desa Tempursari, dan (x) Desa Tlogosari telah berlangsung. Acara yang dihadiri oleh 10 desa ini berjumlah lebih dari 1000 orang yang utamanya terdiri dari dan ibu-ibu dan bapak-bapak lansia juga perangkat desa dari wilayah masing-masing. Semangat yang luar biasa ini membuktikan bahwa masyarakat dari berbagai desa di Kecamatan Donomulyo mendukung hidup sehat dengan berpartisipasi aktif dalam berolahraga. 

Senam gabungan yang diadakan di Lapangan Donomulyo tersebut menjadi awal pembukaan senam bersama se-kecamatan yang nantinya akan diadakan secara rutin di setiap desa melalui sistem acak setiap bulannya. Senam akbar tersebut dimulai sekitar pukul setengah 7 pagi diawali dengan yel-yel kreatif dari setiap desa diikuti dengan pemanasan. Tidak lama setelah itu, pembawa acara membuka acara dengan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Jantung, serta Mars Lansia. Selanjutnya, sambutan dilakukan oleh Ketua Klub Jantung Sehat (KJS) Kecamatan Donomulyo, Ibu Tati dan Camat Donomulyo, Pak Nurmawan. 

Antusiasme masyarakat desa atau para lansia dengan kehadiran yang luar biasa pada senam pertama se-kecamatan ini turut diapresiasi oleh Ibu Tati. Meskipun acara senam bersama diadakan tanpa doorprize maupun materialistik lainnya, hal ini tidak membuat kurangnya semangat masyarakat desa untuk berpartisipasi secara keseluruhan. Adapun harapan utama dari diadakannya senam bersama ini berdasarkan sambutan oleh Pak Nurmawan adalah bahwa senam yang diadakan kedepannya di setiap desa dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar tanpa membebani para masyarakat desa atau dilakukan cukup secara sukarela saja. 

Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan adanya senam bersama meliputi gerakan-gerakan inti dan pendinginan. Pada sesi terakhir dalam rangkaian tersebut, penentuan tuan rumah selanjutnya yang akan menggelar senam gabungan se-kecamatan dilakukan melalui undian acak yang dibacakan oleh pembawa acara. Dan secara mengejutkan bahwa Desa Tulungrejo terpilih menjadi tuan rumah pertama yang akan mengadakan senam akbar di bulan depan, tepatnya di minggu ke-2 pada hari Sabtu.

“Tentu sangat senang ditambah dengan antusias masyarakat yang sangat tinggi dari Desa Tulungrejo sehingga kami semangat untuk mengikuti ini. Alhamdulillah, desa Tulungrejo mendapat giliran yang pertama yang nantinya akan diikuti desa-desa lainnya. Jadi, (selama) satu bulan kedepan kita bisa mempersiapkan acara senam seperti ini.” Ucap Bu Rikka, salah satu warga Desa Tulungrejo. (nis)

 

Penyunting: Laura Margaretha

Dokumentasi: PDD FBD Jantra 53 (Agista dan Yuri)