CULTURAL NIGHT A Whole New World: Mencetak Generasi Islam yang Membangun Peradaban

  • Aug 28, 2024
  • Rehuella Meira Valencia Hasiani

Malang, FBD Jantra 53 – Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, begitu kata kebanyakan orang. Seperti itu pula kedatangan mahasiswa KKN Jantra Universitas Brawijaya di Desa Tulungrejo. Acara Cultural Night menjadi penutupan seluruh rangkaian kegiatan kami di Desa Tulungrejo yang dilaksanakan pada tanggal 3 September 2024. Setelah melalui banyak hal, beradaptasi dengan banyak hal baru, mendatangi berbagai macam UMKM di desa, mengikuti banyak kegiatan masyarakat, hingga merasakan nyaman yang teramat dalam, ternyata semua hal yang dirasakan tersebut tidak bisa berlangsung selamanya. Bahwa terdapat waktu yang mengkotak-kotakkan kita semua.

Puncak acara Cultural Night yang bertajuk A Whole New World: Mencetak Generasi Islam yang Membangun Peradaban, sebelumnya diikuti dengan pelaksanaan berbagai lomba di tingkat SD dan SMP untuk anak-anak di Desa Tulungrejo. Lomba-lomba tersebut antara lain lomba adzan, mewarnai kaligrafi, dan tahfidz, untuk tingkat SD serta lomba cerdas cermat, puisi dan tahfidz, tingkat SMP. Pada acara penutupan ini terdapat serangkaian kegiatan salah satunya adalah pengumuman dan pembagian hadiah dari pemenang lomba-lomba tersebut.

Pada kesempatan untuk memberikan sambutan, Bapak Ipung, selaku Sekretaris Desa sebagai perwakilan desa, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih yang teramat sangat kepada kelompok KKN yang sudah banyak membantu serta mengisi hari-hari warga desa. Pak Ipung juga mengucapkan salam perpisahan kepada kelompok KKN serta beliau mengatakan bahwa dengan tangan terbuka akan selalu menerima mahasiswa KKN jika kembali berkunjung untuk bersilaturahmi ke Desa Tulungrejo.

Selain pengumuman dan pembagian hadiah, kami juga dengan tangan terbuka memberikan kesempatan untuk ekstrakurikuler sekolah-sekolah yang ada di Desa Tulungrejo untuk menampilkan bakat mereka. Pada kesempatan ini, SDN 01 Tulungrejo menampilkan Tari Bajidor Kahot, SDN 02 Tulungrejo menampilkan Tari Dolanan Jawa, dan MTs PGRI Donomulyo menampilkan Tari Yapong. Selain itu sebagai perwakilan penampilan, kelompok KKN Jantra 53 dan 54 juga berkolaborasi untuk menampilkan Tari Saman.

Sebagai persembahan yang disiapkan oleh kelompok KKN Jantra 53, kami membuat Video Profil Desa yang berisikan bagaimana potensi, keindahan, dan hal-hal menakjubkan yang ada di Desa Tulungrejo ini, contohnya seperti potensi UMKM, kegiatan-kegiatan yang ada di desa seperti kegiatan Voli, senam warga, dan Porset, serta keindahan alam yang ada di desa ini. Video Profil Desa ini disambut baik dengan warga yang datang ke acara malam puncak cultural night ini.

Akhir acara ditutup dengan persembahan video Kami Pamit dari kelompok KKN jantra 53 dan 54 yang berisikan banyak hal bahagia yang kami dapatkan dan terima selama berada di Desa Tulungrejo. Banyak-banyak terima kasih kami sampaikan kepada seluruh warga desa yang dengan tangan terbuka menerima kami sebagai pendatang di desa ini serta mohon maaf yang sedalam-dalamnya karena pastinya terdapat kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja yang kami lakukan. Tidak ada sesal dari kami diberikan kesempatan untuk hidup selama kurang lebih 42 hari di Desa Tulungrejo. Kenangan ini akan selalu kami kenang dengan bahagia selama-lamanya. (cia)


Penyunting: Nico Julianda Achmad Saputra

Dokumentasi: PDD FBD Jantra 53