Pentingnya Pemberian Obat Cacing Pada Anak: Pendekatan Sejak Dini Terhadap Kesehatan Anak Dalam Program Kerja KKN Kelompok 54 JANTRA Universitas Brawijaya

  • Aug 28, 2024
  • Nisriinaa Alyaa
  • KESEHATAN

Malang, FBD Jantra 53 – Kesehatan merupakan aset yang sangat penting, terutama untuk anak-anak. Salah satu penyakit yang marak terjadi berdasarkan observasi dari Kelompok KKN 54 Universitas Brawijaya adalah cacingan, yang dimana pendekatan sejak dini terkait penyuluhan dan pemberian obat cacing menjadi krusial. Dalam hal ini, memberantas cacingan, masih menjadi masalah kesehatan di banyak tempat, termasuk pada desa binaan kami sebagai usah preventif pencegahan penyakit ini. Salah satu cara yang efektif untuk mencegah berbagai komplikasi kesehatan yang disebabkan oleh infeksi cacing adalah dengan memberi anak-anak obat cacing secara teratur sejak dini.

Perlu diketahui bahwa anak-anak yang mengalami cacingan tidak hanya mengalami gangguan dalam pertumbuhan mereka secara fisik, tetapi mereka juga memiliki potensi untuk kehilangan daya tahan tubuh, mengalami masalah dengan penyerapan nutrisi, dan mengalami anemia. Anak-anak yang terkena cacing lebih cenderung mengalami sakit, kelelahan, dan kesulitan berkonsentrasi. Hal ini pasti akan berdampak pada bagaimana mereka belajar di sekolah.

Program Kelompok KKN 54 JANTRA Universitas Brawijaya menyadari betapa krusialnya penyakit cacingan untuk dicegah sejak dini. Oleh karena itu, kelompok 54 melakukan kolaborasi dengan pihak posyandu desa terkait dengan program pembagian obat cacing ini. Adapun pemberian obat ini utamanya ditujukan kepada anak anak SD, TK, serta SLB Desa Tulungrejo, hal ini dijelaskan dengan rinci oleh Azizi sebagai koordinator divisi acara kelompok 54. Kurang lebih selama satu minggu pemberian obat cacing ini dilakukan ke TK, SD 1, SD 2, dan SLB Desa Tulungrejo, yang dimana obat ini diberikan sehabis upacara berlangsung di pagi hari. Tentu saja diharapkan, pembagian obat ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan anak dan menciptakan generasi muda yang sehat dan cerdas.

Adapun berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan oleh Kelompok KKN 53 sebagai peliput berita kepada murid maupun guru yang mengajar, bahwasannya kelompok KKN 54 sudah melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada guru-guru yang selanjutnya disampaikan kepada orang tua dan anak-anak terkait urgensi pemberian obat cacing. “Program ini sangat bermanfaat, karena kita juga di sekolah semakin terbantu dengan dapat mensosialisasikan kepada anak anak terkait penyakit dan obat cacing secara menyeluruh” tutur Ibu Rahma selaku salah satu guru di SD 2 Tulungrejo. (nis)

 

Penyunting: Laura Margaretha

Dokumentasi: Tim Media and Publication FBD Jantra 53