Mahasiswa KKN JANTRA 53 dan 54 Universitas Brawijaya Adakan Sosialisasi Terkait Program Kerja di Desa Tulungrejo: Keterbukaan Informasi Melalui Digitalisasi dan Peningkatan Kualitas Pola Hidup Sehat

  • Jul 09, 2024
  • Nisriinaa Alyaa

MALANG, FBD Jantra 53 - Pada 9 Juli 2024, Mahasiswa FISIP dan FIB Universitas Brawijaya yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau dikenal sebagai JANTRA yang ditugaskan di Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Malang, mengadakan sosialisasi terkait dengan program kerja yang dimiliki selama kurang lebih 6 minggu berada di Desa Tulungrejo. Sosialisasi ini utamanya ditujukan untuk para ketua-ketua RT di Desa Tulungrejo yang harapannya dapat memberikan penjelasan secara garis besar terkait program kerja yang dimiliki oleh Kelompok JANTRA dari Universitas Brawijaya. 

Adapun Kelompok JANTRA yang berada di Desa Tulungrejo adalah kelompok 53 dan 54. Sosialisasi ini meliputi pengenalan tema besar program kerja, sistematika proker, dan hasil proker sementara dari hasil kerja dua Kelompok JANTRA yang sudah kurang lebih 2 minggu berada di Desa Tulungrejo.

Sosialisasi turut dihadiri oleh Bapak Nuryadi selaku Kepala Desa dan juga berbagai deretan perangkat desa lainnya. Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Desa sebagai perwakilan utama, beliau berharap agar para Ketua RT dapat mengadvokasikan terkait program kerja KKN Kelompok 53 dan 54 kepada seluruh masyarakat desa di wilayahnya. 

Adapun tema besar yang dimiliki oleh Kelompok 53 adalah “Cultural Empowerment” melalui digitalisasi dan keterbukaan informasi kepada pihak-pihak eksternal di luar Desa Tulungrejo, sehingga harapannya, kearifan lokal yang dimiliki oleh Desa Tulungrejo dapat dipromosikan sekaligus ditingkatkan dengan bantuan pengembangan platform digital, seperti Website Desa Tulungrejo, Instagram, Tiktok, dan Facebook. 

Disisi lain, tema besar yang dimiliki oleh Kelompok 54 adalah “Motivational Inspirative” yang mengangkat utamanya terkait kebersihan dan kesehatan yang diberi nama Tulungrejo Tumbuh Sehat dengan berbagai program kerja seperti edukasi mengenai sampah, permasalahan stunting, pentingnya mencuci tangan, dan lain sebagainya agar seluruh masyarakat desa dapat berkontribusi aktif dalam menjaga pola hidup sehat bagi diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya. 

Antusiasme dari peserta sosialisasi dapat dilihat ketika sesi tanya jawab berlangsung yang mana hal ini merupakan bentuk respons yang baik dan positif dari para masyarakat desa. “Harapannya setelah diadakan kegiatan ini, terjalinnya koordinasi baik antara Ketua RT dengan para mahasiswa KKN juga program-program kerja yang dipaparkan dapat diteruskan oleh para Ketua RT di wilayah masing-masing sehingga dapat terciptanya inisiatif saran dan pendapat yang dapat menyukseskan acara dan program kerja yang dibawakan oleh Kelompok JANTRA 53 dan 54 Universitas Brawijaya.” Ucap Pak Nuryadi selaku Kepala Desa. (nis)

 

Penyunting : Nico Julianda Achmad Syahputra

Dokumentasi: PDD Jantra 53 (Agista)