Voli sebagai Kegiatan Olahraga Kegemaran Warga Desa Tulungrejo

  • yudha
  • Jan 01, 1970
  • Gelora Bung Slamet RT 9

MALANG, FBD Jantra 53 - Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), voli merupakan olahraga yang dilakukan dengan tendangan atau pukulan pada bola sebelum bola menyentuh tanah. Olahraga voli merupakan olahraga yang dilakukan secara beregu. Olahraga ini menjadi salah satu aktivitas rutin yang dilakukan oleh masyarakat Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Menurut Mbak Elis, salah satu warga RT 09 yang juga merupakan pemain voli,  awalnya kegiatan ini berawal dari inisiatif warga sendiri yang didasarkan pada minat pemuda-pemudi di desa ini. Latihan voli ini dimulai pada tahun 2021, namun sayangnya sempat vakum, dan dilanjutkan kembali pada tahun 2023 sampai sekarang ini.

Latihan ini dilakukan secara rutin tiap sore hari sekitar pukul 16.00 WIB di lapangan voli desa yang terletak di RT 09. Menariknya, kehadiran warga yang berpartisipasi pada latihan voli ini tidak hanya berasal dari RT 09 dan desa Tulungrejo saja, namun tersebar sampai ke beberapa desa lain, seperti Desa Sumberbulu. Tak hanya itu, kegiatan latihan voli ini kerap dipublikasikan oleh Mbak Elis di siaran langsung aplikasi TikTok yang dimilikinya secara pribadi. Siaran langsung tersebut mendapatkan respon positif yang sangat banyak, terbukti dari ramainya penonton siaran langsung tersebut. Tidak hanya dari dalam desa, penonton siaran langsung juga tersebar luas sampai ke luar desa, terutama penggemar olahraga voli. Sayangnya, dari siaran langsung tersebut belum ditemukan adanya penonton dari luar desa yang secara langsung datang dan berpartisipasi untuk mengikuti latihan voli di Desa Tulungrejo ini. Maka dari itu, buat teman-teman yang tertarik dalam olahraga voli dan mau punya banyak kenalan serta relasi baru, bisa nih datang langsung ke Lapangan Voli, Desa Tulungrejo!

Kegiatan voli ini sendiri belum memiliki media sosial khusus seperti official account Instagram atau platform yang lainnya untuk menyebarkan informasi terkait kegiatan ini. Sehingga, untuk info terbaru mengenai latihan voli ini bisa nih teman-teman dapatkan dengan mengunjungi akun Tiktok Mbak Elis di @nabila_arka123.

Selain itu, kegiatan voli ini sudah pernah mengikuti perlombaan tingkat desa pada tahun 2021 lhoo, namun belum kembali aktif dalam perlombaan lagi hingga sekarang. Bagi pemain dan warga desa, harapan terbesar untuk keberlanjutan aktivitas voli ini adalah kegiatan latihan rutin dapat aktif kembali dalam perlombaan, seperti halnya perlombaan antar RT atau RW, lomba 17 Agustus-an, atau ragam lomba lainnya. Sehingga, nantinya hal ini akan menjadi batu loncatan agar partisipasi warga dalam bermain voli semakin ramai.

Nah, setelah membaca penjelasan tersebut dapat dirasakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan dan memiliki daya tarik tersendiri untuk Desa Tulungrejo ini. Maka dari itu, untuk teman-teman yang tertarik untuk latihan voli, tidak perlu malu-malu dan langsung saja datang ke Lapangan Voli, Desa Tulungrejo! 

Penulis : Rehuella Meira Valencia Hasiani

Penyunting : Nico Julianda Achmad Syahputra