Mengenal PORSET (Persatuan Sepak Bola Desa Tulungrejo)

  • Jul 27, 2024
  • yudha
Lokasi Kegiatan: Lapangan SDN 02 Desa Tulungrejo
Tanggal Kegiatan: Jan 01, 1970

Salah satu cabang olahraga yang sangat populer di Indonesia adalah sepak bola. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing berjumlah 11 orang dengan bola khusus yang dinamakan bola sepak. Sepak bola merupakan olahraga yang banyak diminati di berbagai macam daerah, termasuk di Desa Tulungrejo.

PORSET (Persatuan Sepak Bola Desa Tulungrejo) merupakan induk utama sepak bola di Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. PORSET ini menaungi dua bagian besar yakni SSB dan PORSET FC. Sekolah Sepak Bola (SSB) utamanya berfokus dan melatih tim junior dari Desa Tulungrejo sendiri yang Kelompok Usia (KU) nya berada di tahun 2014, 2012, dan 2010 yang artinya terdapat 3 tim di SSB junior. Sedangkan PORSET FC berfokus pada tim dewasa atau senior yang lanjut usia di SMA dan seterusnya. Tim sepak bola ini diketuai oleh Pak Iwan sebagai koordinator utama PORSET secara keseluruhan.  

Club bola ini sudah berdiri sejak tahun 74 yang awalnya dinamakan PISTUL (Persatuan Sepak Bola Tulungrejo) yang akhirnya berganti menjadi PORSET. Dikutip dari pernyataan Pak Iwan, bahwa sejak dahulu sepak bola menjadi olahraga bersejarah yang dimainkan oleh para ‘sesepuh’ di Desa Tulungrejo sampai memenangkan banyak perlombaan. Baru-baru ini, dicetuskannya PORSET Junior/SSB utamanya oleh Pak Iwan, Pak Sugeng, dan Pak Rokim sebagai bentuk inisiatif melatih anak-anak Desa Tulungrejo untuk mempertahankan olahraga sepak bola sebagai warisan potensi bersejarah. Adapun PORSET Junior/SSB sudah ada selama kurang lebih 3 tahun, yang dulunya hanya berjumlah 7 orang menjadi hampir 50 orang sampai saat ini. Untuk latihan rutin PORSET Junior/SSB sendiri diadakan pada hari Rabu sore dan Minggu pagi di lapangan SDN 2 Desa Tulungrejo.

Hebatnya, Persatuan Sepak Bola Desa Tulungrejo (PORSET) sudah mencapai rekognisi dari luar desa dikarenakan banyak mengikuti tour/lomba yang berlangsung di Jawa Timur. Dalam hal ini, Pak Iwan menyatakan bahwa PORSET sudah memiliki jaringan kompetisi yang berkontribusi pada aktifnya partisipasi mereka dalam mengikuti perlombaan di luar desa, salah satunya adalah Liga Pelajar, yang akhirnya diikuti oleh PORSET Junior/SSB. 

Minggu lalu, PORSET menunjukkan kegigihannya dengan berpartisipasi aktif di ajang bergengsi dengan mengikuti PEGIKUY CUP atau Grassroots Football Tournament untuk kelompok umur 2012, 2013, 2014, yang diadakan di Batu, Jawa Timur. Dalam hal ini, PORSET Desa Tulungrejo mengirimkan satu tim PORSET Junior/SSB dan berhasil masuk kedalam 16 besar melawan berbagai tim lainnya sebagai awal perkembangan signifikan bagi Desa Tulungrejo. Tidak hanya itu, PORSET Desa Tulungrejo juga memiliki banyak prestasi terutama di Liga Malang Selatan yang beberapa kali meraih Juara. “Alhamdulillah kita sering keluar Donomulyo untuk bertanding yang merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami.” Ucap Pak Iwan Selaku koordinator utama PORSET Desa Tulungrejo.

Disisi lain, harapan yang disampaikan oleh Pak Iwan adalah terkait keterbatasan sarana, fasilitas, lisensi pelatih, dan keterbatasan anggaran. Inisiatif jalannya PORSET ini memang berdasarkan kemandirian dan inisiatif yang tentunya memiliki harapan besar terkait majunya sepak bola di Desa Tulungrejo. Sehingga, diharapkan standarisasi yang ada di Desa Tulungrejo terkait fasilitas maupun pendidikan olahraga dapat berkembang dan bersaing dengan tim-tim lainnya dengan adanya bantuan dari misalnya Asosiasi Kabupaten (ASKAB) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ataupun lembaga terkait.

 

Penulis: Nisriinaa Alyaa

Dokumentasi: Media and Production FBD Jantra 53