Rutinitas Senam Sehat Sebagai Wujud Peningkatan Pola Hidup Sehat Warga Desa Tulungrejo

  • yudha
  • Jan 01, 1970
  • rw 1

MALANG, FBD Jantra 53 - Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan aspek penting bagi setiap manusia dalam rangka menjaga kondisi tubuhnya. Hal ini menjadi landasan bagi para warga Desa Tulungrejo, utamanya Ibu-Ibu Desa Tulungrejo yang rutin menggelar senam sehat. Senam menjadi agenda kegiatan rutin utama yang menyenangkan sekaligus menyehatkan bagi para warga desa. Adapun beberapa agenda senam yang rutin dilakukan oleh warga terbagi menjadi beberapa bentuk, seperti (i) Senam Perangkat Desa, (ii) Senam Penjaskes bagi Lansia, dan (iii) Senam RT. 

Walau disibukkan dengan berbagai kegiatan, warga Desa Tulungrejo tetap meluangkan waktu untuk melakukan senam sehat setiap hari Jumat jam 8 pagi yang dilaksanakan di halaman Balai Desa. Senam ini dinamakan Senam Perangkat Desa karena memang utamanya dilakukan oleh seluruh perangkat desa guna meningkatkan kualitas dan pola hidup sehat. Senam ini rutin dilaksanakan setiap minggunya dipimpin oleh Ibu Ima, Ibu Winarsih, dan Mbak Lulut sebagai bagian yang biasa menjadi instruktur senam di Desa Tulungrejo secara keseluruhan. Di sisi lain, senam perangkat desa juga biasa dipimpin oleh Ibu Dwi sebagai salah satu perangkat desa. 

Selain Senam Perangkat Desa, senam rutin bagi lansia juga menjadi salah satu agenda penting yang diadakan setiap minggunya guna memberdayakan para lansia di Desa Tulungrejo. Senam ini rutin dilaksanakan pada hari Rabu jam 8 pagi di Pondok Belakang Balai Desa. Uniknya, walaupun dinamakan Senam Penjaskes bagi Lansia, senam ini tidak terbatas hanya pada lansia dari seluruh wilayah Desa Tulungrejo, namun juga terbuka untuk ibu-ibu maupun anak muda yang ingin mengikuti. Dalam hal ini, yang membedakan sebenarnya adalah tempo lagu yang diputar dalam senam itu sendiri, yakni menyesuaikan pada gerakan-gerakan yang lebih pelan dan terstruktur agar lebih mudah diikuti oleh para lansia. 

Senam terakhir yang dilakukan di Desa Tulungrejo adalah Senam RT. Senam ini dilakukan dengan menyesuaikan dari jadwal para ibu-ibu RT dalam menentukan agenda rutin senam tersebut dilaksanakan. Adapun di Desa Tulungrejo sendiri, beberapa RT yang aktif dalam mengikuti senam RT adalah RT 1, RT 2, dan RT 3 yang berada di Dusun Tulungrejo. Senam RT ini dilaksanakan secara berbarengan pada setiap hari Rabu, Jumat, dan Minggu di jam 4 sore yang dilakukan di depan halaman rumah salah satu warga RT 1. Dalam senam ini, terdapat banyak anak muda yang mengikuti senam dan juga berlangsung cukup lama daripada senam-senam yang lain. Pilihan lagu yang diputar juga jauh lebih bersemangat daripada senam lansia yang lebih pelan dan menyesuaikan. Dikutip dari pernyataan Ibu Ima selaku instruktur utama, bahwa senam ini terbuka bagi seluruh masyarakat Desa Tulungrejo dan tidak terbatas hanya pada RT-RT terkait.

Melihat dari bagaimana keaktifan warga Desa Tulungrejo dalam melaksanakan kegiatan senam rutin, dapat disimpulkan bahwa masyarakat Desa Tulungrejo giat dalam memprioritaskan senam sebagai agenda kesehatan utama dalam menjaga kualitas hidup sehat. Adapun beberapa manfaat senam antara lain: (i) Mengurangi Resiko dari Penyakit, (ii) Mengurangi Stress, (iii) Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, dan lain sebagainya. Namun, terdapat beberapa kendala yang disampaikan oleh Ibu Ima berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh Tim KKN Kelompok 53 dari Universitas Brawijaya, yakni kurangnya partisipasi aktif dari beberapa warga dikarenakan jauhnya perjalanan yang ditempuh menuju tempat senam juga kesibukan-kesibukan yang berbeda diantara para ibu-ibu RT. Merujuk pada pernyataan dari Ibu Ima bahwa besar harapan kedepannya bagi seluruh warga untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan senam mengingat banyaknya manfaat yang diberikan bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Penulis : Nisriinaa Alyaa

Penyunting : Hendrawan Ardy Prihantana